Tuesday, July 9, 2019

Pengalaman Bekerja Sebagai Graphic Designer Kantoran

Banyak banget pekerjaan yang berkaitan dengan Desain Grafis di era modern ini ya kan cuy, karena teknologi yang makin hari makin canggih, membuat para pembisnis beralih ke dunia digital dalam mempromosikan produk unggulannya. Dan dalam promo-mempromosikan lengket banget hubungannya dengan dunia pemasaran atau kerennya sih Marketing, ditambah sekarang lagi jamannya media sosial. Jadi baik produk maupun jasa, pasti banyak tuh dipasarin lewat media sosial.

Pengalaman Bekerja Sebagai Graphic Designer Kantoran

Nah Desain Grafis sangat berperan penting dalam melakukan pemasaran terutama di media sosial, tampilan iklan yang keren pastinya bakal menarik banyak pelanggan atau customer, sehingga Graphic Designer lagi banyak di cari.. tapi.... ya persaingan juga semakin ketat sih hahahahahaha... apalagi Graphic Designer yang cuma bermodal skill tanpa adanya sertifikasi jelas (contoh : Ijasah Graphic Design). Karena banyak banget perusahaan yang nyari Graphic Designer dengan syarat utama Ijasah cuy. Buat yang kaya gue Graphic Designer dengan Ijasah Sarjana Komputer, harus bersaing dengan ketat banget.  Tapi gak semua perusahaan kaya gitu juga sih, gue pernah melamar di beberapa perusahaan yang memang benar-benar skill yang mereka cari, ijasah di nomor 2-kan.

Sebenernya penempatan pekerjaan sebagai Graphic Designer banyak banget jenisnya, mulai dari freelancer, housing, advertising, officer dan lainnya. dan masing-masing punya tarif sallary dan beban yang berbeda-beda.

Nah disini gue mau berbagi pengalaman saat gue bekerja sebagai Graphic Designer kantoran, sebenernya gue bukan kerja di sebuah perusahaan sih tapi lebih tepatnya di Kepemerintahan, yaitu di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

1. Awal Masuk 

Saat itu gue masih kuliah di Semester Akhir dengan cita-cita, alah cita-cita hahahahaha, pokoknya dengan pemikiran sebelum gue lulus gue udah harus dapet kerja,  jadilah gue iseng buka-buka akun pencarian bakat kerja di Instagram gitu cuy, saat itu kebetulan ada info penerimaan PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) di Kementerian ATR/BPN, gue coba buka dan ada 1 posisi dimana tertulis bahwa dibutuhkan pegawai yang bisa Desain dan Photography, tepatnya diposisi Hubungan Masyarakat atau bahasa kerennya Public Relation. Melihat keterangan itu gue jadi semangat, gak pikir panjang langsung apply lamaran dan syarat-syarat lain yang dibutuhin saat itu.

Karena itu merupakan Kantor Kepemerintahan jadi sistem seleksinya mirip-mirip seleksi CPNS, ada tahapan-tahapannya gitu. Alhamdulillah di tahap pertama yaitu tahap seleksi administrasi gue lolos cuy. Ditahap berikutnya yaitu tes tertulis (Semacam TKD CPNS tapi sistem tertulis) dan wawancara, dan Alhamdulillah juga gue lolos tahap tersebut dan akhirnya diterima.

FYI saat itu untuk diposisi yang gue lamar dibutuhin 3 orang, dan ternyata berdasarkan orang-orang yang lolos kita dibagi menjadi 3 posisi yang berbeda yaitu Graphic Designer, Jurnalist dan Video Grapher (ini sih pendapat kita aja, soalnya selesai lolos kita bertiga saling tanya kelebihan gitu haha dan hasil kesimpulan dari obrolan kitak kayaknya kita dikategorikan seperti itu).

2. Job Desk

Yup ternyata benar, setelah kurang lebih sebulan bekerja, porsi pekerjaan gue memang lebih ke Desain guys, temennya gue yang lainnnya lebih penulisan berita (release) dan temen gue yang satunya lebih ke pembuatan dan editing video. 

Ohya sebelumnya gue jelasin dulu ya guys, Hubungan Masyarakat (HUMAS) atau Public Relation itu sebuah pekerjaan yang menegakkan dan mengembangkan citra yang menguntungkan untuk organisasi dengan sasaran yang terhubung yaitu publik internal dan publik eksternal (source: seputarpengetahuan.co.id). Kalo fungsinya di kepemerintahan pada intinya membangum citra baik lembaga, membangun pelayanan yang baik kepada publik, menginformasikan kinerja lembaga kepada publik dan semacamnya. nah sisanya kalian googling aja ya.

Terus apa hubungannya Graphic Designer dengan HUMAS ?? Nah Graphic Designer di Humas itu kita memvisualisasikan informasi internal baik itu program lembaga, capaian kinerja lembaga, atau informasi-informasi lainnya yang bertujuan untuk diketahui oleh publik dalam bentuk Desain Graphic. Jadi udah dapat gambarannya kan guys job desk-nya ngapain? yup pastinya gak jauh dari mendesain. 

Jenis desain yang biasa gue buat diantaranya infografis, komik strip, desain ucapan, backdrop, poster, billboard, spanduk dan desain sejenis untuk keperluan publikasi lainnya.

Ohya karena posisi secara tertulisnya itu sebagai HUMAS, jadi pekerjaan gue saat itu tidak hanya sebagai Graphic Designer aja, meskipun ya bisa dibilang tanggung jawabnya 60% mendesain materi publikasi tetapi gue juga suka ditugaskan melakukan liputan kegiatan Kementerian, dan saat liputan gue berperan sebagai fotografer dan gak jarang sebagai penulis berita juga. Intinya banyaaaaakkk banget pengalaman berharga yang gue terima saat kerja di Kementerian ATR/BPN terlebih saat liputan.

Kapan lagi guys motoin Pak Menteri hahaha, berasa jadi fotografer pribadinya hahahahaha.....

3. Hasil Karya

Karena topiknya Graphic Designer jadi gue posting beberapa infografis hasil desain gue aja ya guys selama kerja di Kementerian ATR/BPN, berikut  :

Pengalaman Bekerja Sebagai Graphic Designer Kantoran

INFOGRAFIS 1
(* Hak Cipta : 2018-HUMAS Kementerian ATR/BPN)

Pengalaman Bekerja Sebagai Graphic Designer Kantoran

INFOGRAFIS 2
(* Hak Cipta : 2018-HUMAS Kementerian ATR/BPN)

Pengalaman Bekerja Sebagai Graphic Designer Kantoran
INFOGRAFIS 3
(* Hak Cipta : 2018-HUMAS Kementerian ATR/BPN)


Kira-kira desain-desain seperti itu guys yang biasa gue buat untuk keperluan publikasi, sebenernya masih ada beberapa lagi, tapi cukup 3 aja ya sebagai gambaran kalian hehe...

4. Tantangan

Berbicara mengenai pekerjaan, pasti ada kaitanya dengan tantangan. Kalo kalian terbiasa dengan tantangan maka kalian juga akan terbiasa bekerja cepat, disiplin dan tanggung jawab. Nah ada beberapa tantangan yang akhirnya membuat gue menjadi ter-Upgrade kemampuan profesionalitasya.
Beberapa tantangan yang due dapet baik secara natural maupun perintah atasan, diantaranya :
  • Deadline
    Inisih udah umum banget ya, gue rasa gak cuma Graphic Designer aja yang penuh dengan deadline, pekerjaan-pekerjaan lainpun gue rasa sama. Dengan terbiasa dikejar Deadline maka gue jadi terbiasa dengan pekerjaan cepat, dan yang membuat susah yaitu ketika dituntut cepat tetapi hasil tetap harus memuaskan, dan ini sulit banget guys, terlebih pekerjaan kalian berhubungan dengan seni yang menuntut ketelitian dan kreatifitas.
  • Keluar Jalur
    Hahaha keluar jalur, apa coba! jadi gini, desain itu banyak banget kan jenisnya dan biasanya desainer itu hanya menekuni satu jenis desain yang sesuai dengan karakter dan mood-nya (misal : Illustrator, Vector Artist, Typography Artist, Komikus, dll). Nah selama gue bekerja terkadang atasan gue memberikan gue tantangan untuk membuat sebuah karya diluar dari karakter karya gue itu. Terus itu jadi masalah? Sama sekali ENGGA, justru dengan gue mencoba karakter desain yang lain akhirnya membuat gue lebih jago lagi ya kan dan membuat gue jadi lebih banyak belajar dan belajar.
  • Manajemen Waktu
    Ketika gue bekerja saat itu, hal ini erat banget hubungannya dengan Deadline dan Pekerjaan Lain (Liputan). Seperti yang udah gue jelasin sebelumnya bahwa pekerjaan gue gak hanya desain tetapi liputan juga, nah ini menjadi tantangan tersendiri ketika gue diminta membuat desain yang harus selesai cepat dan disisi lain saat itu gue sedang liputan. Ini sangat amat bermanfaat buat gue, dimana akhirnya gue menjadi orang yang (cukup) bisa mengatur waktu dengan baik.
6. Pengalaman Berharga

wah pengalaman seru dan yang berharga itu banyak bangeeettt,, tapi kalo kita ngomongin Graphic Design ada beberapa yang sangat amat berharga, diantaranya :
  • Masuk Majalah
    Hehe kalo ini baru sekali sih, yup INFOGRAFIS 3 yang diatas itu adalah desain gue yang sempat termuat di Majalah Tempo. Ini berharga banget, karena nantinya ini bisa dijadikan portoflio saat melamar pekerjaan baru hehe.. apalagi materi desainnya berkaitan dengan capaian Kementerian ATR/BPN, tanggung jawab dalam membuat desain tersebut gede banget, apalagi termuat data-data yang sifatnya real. Kebayang kan kalo ada data yang typo penulisan angkanya hahaha, 1 angka aja salah bisa dipertanyakan dan bisa aja menimbulkan masalah besar.
  • Pamer Ke Presiden
    Widihhh kayaknya keren ye hahaha. Jadi gini, Kementerian kan sering banget tuh ngadain kegiatan yang mengundang Presiden nahh biasanya untuk kegiatan Kementerian ATR/BPN itu gue yang biasa buat backdropnya. Jadi kapan lagi tuh bikin backdrop untuk acara Presiden haha meskipun kaga ditanya juga sama presidenya "Siape tuh yang bikin backdrop?" haha tapi ada rasa kepuasaan tersendiri gitu guys, dan ini salah satu pengalaman paling berharga yang gue dapet selama kerja di Kementerian ATR/BPN.
  • Terkenal
    Yup, Terkenal Cuuyyy... haha meskipun terkenal cuma dilingkup 1 gedung aja. 1 Gedung Kementerian ATR/BPN pun gede loh dan banyak pegawainya. Karena di Humas yang biasa mengerjakan desain itu 3 orang, jadi jika ada divisi/dirjen lain yang membutuhkan desain pasti larinya cuma ke kita bertiga aja haha, jadi gimana gak dikenal toh yang biasa membuatkan materi desain orangnya cuma dikit hahaha.. Die lagi, die lagi wkwkwkw.
Apalagi ya? sebenernya sih banyaaakk.. tapi nanti deh kalo emang inget gue masukin di point berikutnya.

6. GAJI!!! 

Eaaaaaa KEPOOO!!! Perlu gue perjelas lagi sebelumnya ya, bahwa gue bekerja sebagai Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri, jadi bisa dibilang gue lebih menjual tenaga saja, berbeda dengan Freelancer atau Illustrator yang bekerja berdasarkan "Karya" itu sendiri, ngerti kan maksudnya? nah jadi masalah gaji memang sudah ada ketentuan yang berdasarkan dengan Anggaran Lembaga. Meskipun kalian berada di posisi Graphic Designer atau Videographer atau sekedar Adminsitrator kalian akan dibayar sama, dan saat itu gaji gue UMR/UMR Jakarta  (2018).. Eittsssss tapi..... gak hanya itu, alhamdulillah gue punya atasan yang sangat baaaikkk bangeeettt. Beliau tahu dan menyadari bahwa sebuah karya itu tidak bisa dibayar hanya dengan bayaran UMR, gue juga seringg banget dapet bonus tambahan hehehe. Kalo jadi orang baik mah, insya allah kalian akan didekatkan dengan orang-orang yang baik juga, cieeeee hahahaha. Asal kerjanya yang bener ya.

Kalo ditotal sih sebulan gaji gue udah berada di rata-ratanya Design Freelancer hehehe, yaaa untuk memenuhi kebutuhan sendiri + ngasih ke orang tua, udah sangat amat lebih dari cukup.

===================================

Jadi pada intinya, pengalaman sebagai Graphic Designer sama halnya dengan pekerjaan lainnya, akan selalu ada tantangan dan pengalaman berharga yang akan didapat, yang membedakan hanyalah jenis pekerjaannya saja. Dan yang pasti, jika kalian bekerja sesuai dengan passion kalian maka pekerjaan itu akan menjadi semakin asik dan kalian gak akan merasa ada beban berlebih yang kalian harus pikul. Ohya jika kalian suka desain atau menggambar dan kalian bekerja sesuai bidang tersebut, maka kalian bisa dapat banyaaaakk portofolio yang bisa kalian pamerin haha, dan skill kalian akan semakin terasah dan berkembang. Bekerjalah dengan hati dan tetap semangat :D..

Ohya btw gue cuma kerja di Kementerian ATR/BPN selama 1 tahun aja, gue memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak karena ada hal yang memang tidak bisa gue ceritain ke kalian. Gue sangat berterima kasih banget sama atasan gue saat itu (Kabag Humas) dan para senior yang telah memberikan banyak ilmu/pengetahun dan pengalamannya yang sangat amat luar biasa dan berharga  yang tidak ternilai dan tidak dapat dilupakan, dan teman-teman PPNPN seangkatan gue lainnya yang sudah memberikan warna yang indah dalam hidup gue, saaiikkk hahah sok keren gitu kata-katanyeee hahaha.. Ih semoga gak dibaca ya artikel ini, jadi malu wkwkw.

===================================
--OKRAAYYSS--

Kayaknya sekian dulu, kita lanjut di postingan berikutnya ya :D
Jangan ragu untuk komen, kritik dan sarannya coy..


Jangan lupa ya Follow akun media sosial gue lainnya :
Instagram : @zakarialutz
Fanspage : Zachromatic

3 comments:

Berkomentarlah selagi Komentar itu GRATIS!!
Dan TERIMAKASIH yang sudah memberikan komentar :D