Thursday, July 11, 2019

6 Paket Menu Diet Rumahan, Berat Badan Turun 12 Kg


Halo guyss..
Kalo kalian baca postingan gue yang ini PENGALAMAN BEKERJA JADI GRAPHIC DESIGNER KANTORAN kalian tahu kalo gue kerja sesuai dengan passion gue kan, karena kesesuaian itulah yang akhirnya membuat gue jadi senang dan fokus kerja sampe akhirnya gue lupa tuh sama pola makan yang teratur. Akibatnya dalam 1 tahun bekerja berat badan gue naik sampe 12 Kilogram. Dari berat awal 85 kg dan pas gue resign berat gue naik jadi 97 kg. Wah streesss banget gilaaa....

Gue baca artikel dan tontonin tutorial youtube gimana caranya turunin berat badan kesana kemari, sampe akhirnya gue mendapatkan cara yang benar-benar bisa menurunkan berat badan tanpa adanya resiko guys, yuk langsung disimak aja.

Gue sebenernya juga gak tau sih dinamakan apa metode diet gue kali ini, menurut guesih ini penggabungan antara diet OCD ala Om Deddy dan diet carbo. Kalian yang sibuk diet dan coba metode diet sana sini pasti tau kedua metode diet tersebut. Jadi pada intinya gue mengurangi karbohidrat pada menu makan gue guys, bukan berarti gak ada karbohidratnya sama sekali, tetap ada melainkan tidak berlebih, dan hubungannya dengan diet OCD adalah karena dimakan dengan jam makan tertentu, dan jam makannya mengikuti jam makan OCD, ada jendela makannya gitu guys. Tapi ada perbedaannya, kalo di OCD setelah kalian melewati jam makan kalian tidak boleh makan lagi kan? nah kalo gue agak melenceng sedikit, yaitu tetap boleh makan tetapi dengan makanan sehat dan jumlah yang tidak banyak.

Kalian masih bingung ??

Oke pada dasarnya gue cuma boleh makan-makanan yang asalnya dari sayuran, buah-buahan dan protein hewani, lemak tetap ada karena kita tidak bisa pungkiri bahwa tubuh kita juga tetap butuh yang namanya lemak. Untuk karbohidrat gue udah dapet dari sayuran guys, jadi nasi, kentang, roti dan olahan tepung lainnya udah gak perlu lagi. Dan untuk jam makannya, gue biasa mulai makan di jam 12.00 WIB  ya tepat dengan jam makan siangnya orang kantoran haha, setelah itu biasanya gua akan mulai makan lagi diantara jam 15.00-17.00 WIB, tetapi untuk jam makan yang kedua gue cuma ngemil buah-buahan aja dengan porsi yang tidak banyak guys.

Kita lanjut dengan pembahasan cara pengolahan makanannya ya. Untuk sayuran biasanya gue masak dengan cara ditumis, pake minyak dong? yup, tetapi minyak untuk menumisnya gue ganti dengan minyak zaitun, untuk manfaat dan efek secara ilmiahnya tentang minyak zaitun kalian googling sendiri ya hehe. Kalo untuk protein hewaninya, biasanya gue masak dengan cara ditumis juga, lah emannya mateng? untuk ikan biasanya gue suwir dulu, supaya matengnya lebih cepat, sedangkan untuk ayam dan daging sebelum ditumis biasanya gue rebus dulu sampe mateng. Atau untuk ayam dan daging bisa kalian sop. Ohya dari segala jenis tumisan itu gue pake garemnya cuma sedikit karena kita akan makannya tanpa nasi, jadi gak perlu asin-asin banget kan? hehe...

Bagaimana dengan jumlah porsinya saat lagi makan? hmm, kalo ini tergantung, kalo hari itu gue ada jadwal untuk jogging, porsi makannya lumayan banyak, tapi kalo hari itu tidak sedang jogging, ya porsinya dikit aja hehehe,, gak dikit-dikit banget juga sih, DIET bukan berarti NAHAN LAPER wkwkw. Ohya olah raga perlu gak? sangat perlu kalo kalian ingin cepat turun berat badannya, Gemuk itu karena lemak berlebihan dan lemak yang berlebihan tidak cukup keluarnya cuma dari BAB toh hahaha. kalo kalian dietnya santai sih 1 kali dalam seminggu udah cukup, sementara kalo gue sendiri sih 2 hari sekali (saat diet ketat), jenis olah raganya cukup cardio aja, senam, jogging dan lainnya.

Penjelasan mengenai metode diet yang gue pake udah gue beberin, sekarang masuk ke inti topik artikelnya ya, yaitu gue akan berbagi kepada kalian 6 Paket Menu Diet yang bisa kalian coba buat dirumah untuk 1 minggu. Jadi 1 Paketnya itu untuk 1 hari hehe..

PAKET 1 Di Hari Senin

Menu Diet 1

Kalo kalian perhatikan di Paket 1 ini simple banget, cuma terdiri dari tumis capcay dan telur rebus aja. karena di hari pertama biasanya gue males untuk masak yang ribet-ribet, jadi gue masak 1 macam untuk tumisannya, kalo di capcay kan 1 masakan udah banyak tuh jenis sayurannya hehe, dan tetep enak. Sedangkan telur rebus dan sosis pengganti protein hewaninya.

Siapa bilang masakan diet ribet? ini buktinya mudah dan simple, yang pastinya tetap enak hehe.

PAKET 2 Di Hari Selasa

Menu Diet 2
Masih ada telurnya nih di menu diet paket 2, ohya buat kalian yang punya riwayat kolesterol bagian kuning telurnya sebaiknya jangan dimakan ya, lebih baik sih putihnya aja. Di hari selesa ada tumis tauge yang di mix dengan kacang panjang sebagai pemenuhan vitamin dan karbohiratnya, sedangkan untuk protein hewaninya ada telur dan suir tongkol pedas. Tongkol juga bisa kalian ganti dengan tuna, cakalang atau jenis ikan lainnya. Gimana? menu ini masih masuk kan dilidah kalian?

PAKET 3 Di Hari Rabu

Menu Diet 3

Wah jagung tuh, kan jagung juga tinggi karbohidrat, yup betul kalo porsinya sedikit jagung tidak masalah selama jangan pake nasi ya haha. Di paket ketiga nampak ada salad yang isinya daun salada dan jagung ditambah dengan saus thousand island (gak keliatan sausnya), telur acak sebagai pengganti protein hewani, dan tumis tempe orek yang dimasak dengan kacang panjang. Menu di paket ketiga ini mudah kan dibuatnya? bahannya simple dan tetap enak.

PAKET 4 Di Hari Kamis

Menu Diet 4

Ini menu paling favorit sih, soalnya ada yang berkuah tuh, wah.... masih bisa nikmatin yang berkuah seger meskipun lagi diet. Ada tongkol kuah pedas sebagai pemenuhan kebutuhan protein hewani, salad yang terdiri dari kol dan wortel yang masih segar (raw) dimix dengan saus thousand island, sosis dan telur dadar sebagai pelengkap. 

Yuk ke paket menu di hari berikutnya..

PAKET 5 Di Hari Jumat

Menu Diet 5

Akhirnya setelah 4 hari bosan dengan telur, dihari kelima ini tidak ada telur guys hehe. Protein hewaninya kali ini berasal dari ayam yang gue tumis pedas, untuk vitamin dan karbohidratnya gue masak sayur bayam dan sebagai pelengkapnya ada 2 buah tahu rebus. Ini juga enak loh, aseli gak bohong haha... Diet masih bisa tetep makan enak kok, tenang aja. Di paket menu berikutnya juga menggoda nih, tapi hati-hati buat yang kolesterol ya hahaha.

PAKET 6 Di Hari Sabtu


Menu Diet 5
Cumiiiiiii hhitaammm wooooooo mantaaapppppp, kesukaaannnn.....
Ahya di hari keenam biasanya ini hari semi cheating day, itu artinya dimana kalian sedikit boleh makan bebas tapi masih yang terjaga (bukan gorengan), dalam artian kalian boleh makan nasi asal nasinya nasi merah ya guys.

Nah dihari terakhir ini nampak nasi merah, tumis cumi hitam (ini enak banget sumpah) dan tetap ada sayuranya yaitu tumis pakcooyy. 

=============================

Sampe sini gimana guys? masih kepikiran kalo menu diet itu gak enak? diet masih bisa makan enak asal kalian perhatikan cara masak dan bahannya, yang terpenting jangan ada yang di goreng ya, cukup dengan tumisan dan pake minyak zaitun sebagai pengganti minyak sayur sebagai minyak tumisannya.

Dan gue gak cuma makan itu-itu aja guys, berikut ada menu tambahan yang biasa gue masak juga selain 6 paket menu diet diatas, yaitu :
  1. Beef Yakiniku
  2. Beef Steak
  3. Kari Ayam Tanpa Santan
  4. Sop Ayam/Daging
  5. Ikan Bandeng Kuah Bening
  6. Tumis Kangkung
  7. Balado Terong
  8. Tumis Pare
  9. Sayur Labuh
  10. Karedok Tanpa Saus Kacang
Nah tinggal kalian atur aja tuh yang mana yang harus dimasak, intinya dalam satu hari harus ada kandungan vitamin dan karbohidrat yang ada pada sayuran dan buah-buahan, serta jangan lupa harus ada protein hewaninya guys. Untuk buah-buahan kalian bisa konsumsi di jadwal makan yang kedua ya mulai dari jam 15.00-17.00 WIB.

Ohya betewe, kenapa menu diatas cuma untuk 6 hari? terus di hari Minggu ngapain?
Kalo di hari Sabtu gue tulis sebagai menu semi cheating day, nah di hari Minggu bener-bener CHEATING DAY, artinya gue bebas makan apa aja termasuk nasi dan gorengan, tapi ingat!! tetap dengan porsi yang wajar, jangan berlebihan hahaha

Selama menjalani metode diet ini dan makan dengan menu-menu diatas sih gue berhasil menurunkan kembali berat badan gue ke semula dari 97 kg ke 85 kg dalam waktu 2 bulan, artinya berhasil turun 12 kg. Alhamdulillah sekarang berat badan gue normal lagi haha, meskipun normalnya gue masih keliatan gemuk. Tapi sebenarnya dalam 2 bulan itu gak selalu mulus turunnya, biasanya akan drastis di minggu kesatu sampe minggu ketiga, nah minggu-minggu selanjutnya turunnya sedikit-sedikit, dimasa ini kalian akan diuji keseriusan kalian dalam menjalani diet. Kalo kalian kurang beruntung kalian juga akan mengalami masa Plateu atau masa dimana meskipun kalian sudah makan dengan porsi yang dikit setiap hari tetapi berat badan tidak turun-turun, untuk mengatasi masalah ini insya allah akan gue buatkan di artikel berikutnya ya. 

Ahya maaf gue gak ada foto before-after secara gamblang (sengaja difoto untuk before-after), adanya foto berikut ini :


Dan ini ada bonus untuk kalian yang sudah baca artikel ini sampe bawah, 6 Tips & Trick dalam menjalani diet agar bisa turun hehe :
  1. NIAT DAN KONSISTEN
    Emang susah sih untuk mulai diet, gue juga gitu. di hari minggu bilang "ah dietnya mulai senin aja", oke di hari seninnya berhasil, kebesokannya di hari selasa lupa dan bilang "tanggung ah, gak diet dulu seminggu ini, mulai lagi senin lagi aja" gitu aja terus sampe dietnya bener-bener gak dijalanin haha. Jadi kalian emang harus ada niatan dari hati kalian dulu guys, setelah berhasil ngejalanin diet hari demi hari, sisanya tinggal kalian konsisten aja sampe menuju target berat badan kalian.

  2. PERBANYAK MINUM AIR PUTIH
    Ini wajib! air putih harus banyak guys, gak banyak-banyak juga sih ya minimal sejumlah yang dibutuhkan tubuh kita dalam sehari. Selain untuk kesehatan kan bisa sekalian buat ganjel perut kalian yang lagi laper hahaha.

  3. OLAH RAGA
    Banyak artikel di internet ataupun video di youtube yang mengatakan bahwa "Berhasil Diet Tanpa Olah Raga", iyasih berhasil tapi.. apakah itu sehat? jangan-jangan berhasil turun berat badan bukan karena lemaknya yang berkurang tapi karena kekurangan gizi?
    Berhasil karena nahan laper? berhasil karena makannya sedikit?
    Hati-hati guys, tetap olah raga ya, cukup cardio aja 2-3 hari sekali. Kalo kalian super males minimal 1 kali dalam seminggu.
    .
  4. DILARANG MAKAN MALAM
    Makan di malam hari biasanya susah dicerna tuh guys makananya dan prosesnya akan lama, malah ketika selesai makan terus kalian tidur bisa-bisa malah gak dicerna, jadi sia-sia olah raga kalian di siang atau sore hari sebelumya.
     
  5. JANGAN TIDUR DIATAS JAM 10 MALAM
    Ini suggest atau bukan, gue juga gak ngerti sih dan gue juga belom nemu artikel mengenai ini. Jadi gue pernah membuat praktek kecil-kecilan datang tak dijemput, pulang tak diantar. Bahkan gak cuma sekali dua kali aja, tapi sering gue praktekan. Ketika gue bangun dipagi hari dimana malamnya gue tidur diatas jam 10 malam dan kemudian gue nimbang, dan gue bandingkan dengan hasil timbangan ketika gue tidur dibawah jam 10 malam itu hasilnya beda guys (meskipun kalian makan dengan jenis dan jumlah makanan yang sama), perbedaannya bisa 0.5-1 kg, mungkin apakah emang ada pengaruhnya dengan sistem pencernaan kita saat di malam hari ya? apakah pencernaan akan bekerja di jam-jam tertentu?. Kalian bisa coba praktekan sendiri guys hehe.

  6. JANGAN BABLAS SETELAH CHEATING DAY
    Hari minggu adalah cheating day dimana kalian bisa makan apa aja, nah selagi di masa ini INGAT! jangan sampe kebablasan sampe di hari seninnya ya, kalo sekali aja kalian kebablasan kalian akan males untuk melanjutkan dietnya lagi, PERCAYA DEH SERIUS GAK BOONG hahaha, karena emang kebanyakan orang sih gitu. Kalo perlu kalian gak usah tuh ada cheating day, itupun kalo kalian kuat nahan godaan indomie dan mie ayam ya haha. Kalo akumah apa atuh gak kuat, pokoknya setelah 6 hari diet, cheating daynya makan indomie atau mie ayam wkwkw.
Okee... Semangat diet guys, semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sedang bingung mencari menu diet harian kalian, lebih bersyukur lagi kalo artikel ini ternyata berhasil membantu kalian yang sedang diet menurunkan berat badannya. Good Luck!!!

PERINGATAN!!
Metabolisme tubuh setiap orang berbeda-beda, 
mungkin kalian cocok dengan metode ini 
atau bahkan kalian tidak cocok dengan metode ini.
Kalo kalian punya dokter kenalan atau dokter pribadi,
kalian bisa konsultasikan terlebih dahulu ya
metode diet yang cocok dengan kalian.

=============================

--OKRAAYYSS--

Kayaknya sekian dulu, kita lanjut di postingan berikutnya ya :D
Jangan ragu untuk komen, kritik dan sarannya coy..


Jangan lupa ya Follow akun media sosial gue lainnya :
Instagram : @zakarialutz
Fanspage : Zachromatic


No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah selagi Komentar itu GRATIS!!
Dan TERIMAKASIH yang sudah memberikan komentar :D